Punya Pengalaman Bertarung, Rudi Sukarny Target 2000 Suara di Pileg 2024

TERASKATA.Com, Palopo – Salah satu politisi senior Kota Palopo kembali akan bertarung di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Dia adalah Rudy Sukarni, politisi yang pernah menduduki kursi DPRD selama dua periode.

Rudi Sukarni adalah salah satu politisi yang tidak pernah absen di Pileg sejak tahun 1999. Tercatat sudah lima kali ia berganti bendera partai politik. Pasca reformasi tahun 1999 silam, untuk pertama kalinya ia bertarung di Pileg. Saat itu, ia memilih Partai partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) kendaraan politiknya. Sayangnya ia saat itu gagal melenggang ke Parlemen Kabupaten Luwu, yang masih tergabung dengan wilayah Kota Palopo.

Kemudian pada pemilu 2004, Partai IPKI tidak lagi lolos sebagai peserta pemilu. Dari 24 partai peserta pemilu saat itu, Rudi Sukarny memilih bergabung ke Partai Sarikat Indonesia (PSI). Untuk kedua kalinya ikut pemiluy, ia berhasil duduk sebagai anggota DPRD Kota Palopo. Saat itu Kota Palopo baru pertama kali menyelenggarakan pemilu sejak terbentuk tahun 2002.

Ia kembali mengulang kesuksesan di Pemilu tahun 2009. Berstatus sebagai incumbent Rudi Sukarny dengan mudah melalui proses pemilu saat itu. Ia kembali mendulang suara maksimal dan membuatnya ‘oppo’ sebagai anggota DPRD Palopo lewat PSI.

Pada Pemilu 2014, PSI tidak lolos sebagai peserta pemilu. Rudy Sukarni masih ingin mencoba peruntungan. Ia berharap hattrick, lolos nyaleg tiga kali berturut-turut. Ia pun memilih hijrah ke partai Partai Gerindra. Sayangnya, target hattrick Rudy Sukarny gagal terwujud. Itu karena ia kalah bersaing dengan sosok Hj. Hasriani yang berhasil mengoleksi lebih banyak suara di internal Gerindra Daerah Pemilihan Telluwanua, Bara dan Wara Utara saat itu.

Sebagai politisi ulung, Rudi Sukarny tak berhenti sampai disitu. Pada pileg 2019 lalu ia mencoba peruntungan bertarung di level yang kebih tinggi. Ia memilih naik kelas, mencoba peruntungan di Pileg DPRD Sulsel lewat Dapil XI yang meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur. Ia mengendarai partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sayangnya, Rudy Sukarni kembali gagal melaju ke parlemen Sulsel saat itu. 11 Caleg yang ada di partai Perindo saat itu tidak berhasil mengumpulkan suara untuk mengamankan 1 kursi di DPRD Sulsel. Padahal Rudy Sukarni secara pribadi sudah mengerahkan kekuatan maksimal, dan mampu mengumpulkan lebih 8000 suara saat itu.

”Pada pileg 2014, saya meraih 1200an suara dan pileg 2019 meraih kurang lebih 8 ribu di Dapil XI Luwu Raya,” ungkap Rudi kepada wartawan, Senin (31/07/23).

Dengan pengalaman lima kali bertarung di Pemilu, Rudy Sukarni optimis pada Pemilu 2024 mendatang ia kembali dapat melenggang ke DPRD Kota Palopo. Pileg kali ini ia akan bertarung lewat bendera partai Gelombang Rakyat (Gelora) di Dapil 4 Kota Palopo yang meliputi Kecamatan Bara dan Telluwanua.

Untuk membuktikan optimisme nya itu, Rudi Sukarny sudah gencar melakukan sosialisasi dan penggalangan pemilih di hampir semua kelurahan yang ada di wilayah dapilnya. Ia menemui masyarakat, tidak sekedar mensosialisasikan diri tetapi sekaligus mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang belakangan ini tidak terserap dengan baik oleh wakil rakyat yang ada saat ini.

”Insya Allah di Pileg 2024 mendatang saya maju melalui Gelora semoga meraih kemenangan. Jika diberikan amanah untuk mewakili rakyat ‘kalo ada aspirasi ta sampaikan langsung ke saya. Rumah saya akan selalu terbuka untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, safari Politik yang massif dilakukan ia mendengar langsung dorongan dari masyarakat dan kerabat serta keluarganya untuk kembali masuk ke DPRD sebagai wakil rakyat. Menurunya, terkhusus di Kelurahan To’bolung banyak masyarakat yang datang menyampaikan keluhan terkait kinerja DPRD yang mengenyampingkan aspirasi masyarakat.

”Karena prihatin dengan aspirasi masyarakat yang curhat kepada saya tentang kinerja DPRD. Makanya saya bismillah dengan target suara dua ribu, melihat kerja-kerja tim insya allah kami optimis,” tandasnya.

Disisi lain salah seorang warga Kelurahan Tobolung, Steven mengatakan saat Rudi Sukarny duduk sebagai anggota DPRD Kota Palopo selama 10 tahun terbukti telah menyampaikan aspirasi masyarakat di wilahnya.

”Kami merasakan dulu ketika beliau (Rudi Sukarny) duduk sebagai anggota DPRD, di kelurahan To’bulung beliau memperjuangkan aspirasi kami dalam perbaikan sarana dan prasarana. Pak Rudy ini saya tidak sungkan untuk memilihnya karena saya merasakan betul selama 10 tahun beliau menjadi wakil rakyat apa yang kami aspirasikan dia perjuangkan,” ungkapnya. (iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *