Bupati Luwu Timur Jadi Narasumber di Talkshow Kompas TV Makassar

TERASKATA.COM, Makassar – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menerima undangan dari Kompas Tv menjadi Narasumber pada program Talkshow Kompas TV : Sapa Sulsel yang dipandu oleh Linda Wirawan.

Adapun yang dibahas pada Talkshow tersebut membicarakan tentang program dan Inovasi Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di Kantor Kompas Tv Makassar, Kamis (20/10/2022).

Diawal sesi talkshow tersebut, Bupati Budiman memberikan gambaran umum tentang kondisi geografis, potensi Kabupaten Luwu Timur serta beberapa pencapaian yang telah diraih Kab. Luwu Timur saat ini.

“Di usia yang ke-19 tahun ini, Alhamdulillah Kabupaten Luwu Timur telah berhasil menjadi salah satu daerah di Sulsel yang cukup diperhitungkan pada sektor pendapatan asli daerah terutama pada sektor pertambangan, pertanian, perkebunan dan industri kecil menengah,” kata Bupati.

Selain itu, peningkatan kualitas SDM juga terus dikembangkan diantaranya program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 1 Milyar 1 Desa, Program Beasiswa, Pelayanan RSUD 1 Kamar 1 Pasien dan lain-lain.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah, forkopimda, stakeholders dan masyarakat yang terus bersinergi dan berkolaborasi memajukan segala potensi yang ada demi kepentingan bersama di Bumi Batara Guru.

Bupati Budiman juga menyampaikan bahwa potensi sumber daya alam selain di sektor pertambangan, akan terus ditingkatkan pula pada sektor pariwisata sebagai bagian dalam pemberdayaan masyarakat lokal. Selain itu, dengan adanya 5 danau yang dimiliki Luwu Timur merupakan suatu keunikan yang tidak dapat ditemukan ditempat lain.

Hal ini tentunya cukup menarik untuk ditelusuri serta menjadi spot destinasi wisata daerah untuk dikunjungi. Bahkan salah satu desa di Luwu Timur yaitu Desa Matano telah diakui sebagai salah satu dari 30 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf RI.

Meskipun Luwu Timur berada jauh dari Pusat perkotaan tetapi rasa penasaran para pengunjung akan terbayarkan dengan keindahan panorama dan keramahan multi kultur warganya.

Pada Talkshow tersebut, juga membahas pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur. Dimana Bupati mengajak para kepala OPD bersama masyarakat untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang bisa diakses secara langsung dan tepat sasaran.

Sehingga pada peringatan Hari Jadi ke-353 Sulawesi Selatan kemarin, Bupati Luwu Timur menerima penghargaan inovasi publik dari Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Adapun inovasi yang mendapatkan penghargaan adalah Inovasi Martabak Berdasi “Mari Rangkul Penderita Diabetes dan Hipertensi” yang digagas oleh Nurnia dari Puskesmas Nuha dan Inovasi Jendela Kita yang merupakan singkatan dari 

“Jemput Antar Dahak Dengan Langkah Kualitas Terjaga” yang digagas oleh inovator Usman, S.Kep, NS. dari Puskesmas Angkona. (wi/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *