Harga BBM Naik, Tarif Bus AKAP Bakal Ikutan Naik

TERASKATA.COM, Palopo – Pemerintah telah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ini tentu akan berdampak ke transportasi umum tanpa terkecuali tarif bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Seperti pantauan Teraskata.com di Terminal Dangerakko Kota Palopo, tarif bus masih terbilang normal, namun pihak Perusahaan Otobus (PO) memastikan tarif bus akan naik 3 atau 5 hari ke depan.

“Saat ini harga tiket bus masih normal. Terkait kenaikan harga nanti pasti ada karena BBM juga naik, tapi kami masih menunggu arahan dari kantor pusat kami di Makassar,” ucap Staf Bagian Tiket PO Bintang Prima, Odi, Senin (05/09/22).

Lanjut Odi, saat ini pihaknya menjual tiket pada kisaran Rp180 ribu hingga Rp220 ribu. “Tarif ini masih harga normal,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan PO Bintang Marwah serta Litha&Co yang hingga hari ini perusahaannya belum menaikkan harga tiket bus.

“Kami belum berani menaikkan harga. Kalau kami naikkan tapi patokannya belum jelas, jadi kami sesuaikan saja dengan organda lainnya,” ungkap perwakilan PO Bintang Marwah, Ayu.

“Di Bintang Marwah kita ada empat unit bus, dan harga semua rata Rp160 ribu,” kata Ayu.

Ia memastikan, penaikan tarif tiket bus cepat atau lambat akan dilakukan. 

“Kalau saya prediksi kemungkinan harga tiket naik bisa jadi 3 atau 5 hari ke depan. Tapi kisaran harganya belum tahu berapa,” terang Ayu.

Sementara itu, Perwakilan PO Litha&Co, Beny mengaku prihatin kepada masyarakat dengan akan dinaikkan nya harga tiket bus nantinya.

“Iya, sedangkan harga normal masyarakat masih minta harga diskon, apalagi nanti kalau harga tiket sudah naik,” sebut Beny.

“Kalau tidak naik, biaya operasionalnya juga pasti tidak ketutup,” lanjutnya.

Dia menegaskan, penerapan tarif tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.(cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *