Pemkot Palopo Terima Penghargaan UHC, Wali Kota: Bukti Pemerintah Jamin Kesehatan Masyarakat

TERASKATA.COM, Palopo – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo di bawah kepemimpinan Wali Kota, Drs HM Judas Amir MH meraih penghargaan bergengsi dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kota Palopo atas tercapainya Universal Health Coverage atau UHC penduduk terdaftar dalam program jaminan kesehatan nasional tahun 2022.

HM Judas Amir yang sudah dua periode memimpin Kota Palopo menerima penghargaan tersebut dari Direksi Wilayah Sulawesi  Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku BPJS Kesehatan, dalam hal ini diwakili Kepala BPJS Cabang Palopo.

Judas Amir mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder di Kota Palopo atas kerja sama dan komitmennya untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat di kota bermotto ‘Kebersamaan’ ini.

“Penghargaan ini, sebagai wujud nyata Pemerintah Kota Palopo hadir untuk melindungi jaminan kesehatan warganya,” kata Judas Amir, usai menerima penghargaan tersebut.

Dikatakan Judas Amir, Pemkot Palopo sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi fasilitas kesehatan di Kota Palopo, termasuk mengupayakan seluruh masyarakat tercover layanan BPJS Kesehatan layanan kelas III melalui alokasi dana APBD setiap tahunnya.

Judas Amir berharap, dengan pencapaian UHC tersebut, diharapkan masyarakat di Kota Palopo dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan.

“Saya juga mengharapkan terciptanya sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan supaya bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal,” kata Judas Amir.

Diakui Judas Amir, dirinya sangat bersedih, bahkan marah jika ada satu warga Kota Palopo tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, terutama rawat inap di berbagai pusat pelayanan kesehatan di Kota Palopo, baik rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Sebab, Pemerintah Kota Palopo setiap tahunnya mengalokasikan anggaran yang sangat besar, mencapai puluhan miliar untuk subsidi iuran BPJS Kesehatan kelas III untuk puluhan ribu masyarakat Kota Palopo.

“Dengan alokasi anggaran yang sangat besar, mestinya semua masyarakat Kota Palopo mendapatkan pelayanan kesehatan, termasuk rawat inap dengan baik,” tandas Judas Amir.

Diketahui, penyerahan penghargaan dari BPJS Kesehatan tersebut berlangsung usai upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tingkat Kota Palopo, yang dirangkaikan peringatan Hari  Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke-58, di Lapangan Pancasila Palopo, Kamis 10 November 2022.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, memimpin upacara bendera memperingati dua hari penting di Indonesia tersebut, yakni Hari Pahlawan 10 November, dan HKN ke-58 yang diperingati setiap tanggal 12 November. Upacara yang diadakan di Lapangan Pancasila berlangsung dengan penuh khidmat dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara bendera tersebut turut diikuti oleh Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandasio, unsur Forkopimda Kota Palopo, para pejabat di jajaran Pemkot Palopo, termasuk para camat dan lurah. Hadir juga sejumla anggota Legiun Veteran Kota Palopo.

Usai pengibaran bendera Merah Putih, Walikota Palopo bersama wakilnya, Rahmat Masri Bandaso, serta unsur Forkominda Palopo menyerahkan berbagai piagam penghargaan kepada sejumlah pihak, dalam rangka memperingati  HKN ke-58. Beberapa piagam penghargaan tersebut, diantaranya Puskesmas Wara Selatan meraih penghargaan sebagai juara pertama fasilitas kesehatan tingkat pertama berkinerja baik tahun 2022 tingkat Palopo, disusul Puskesmas Wara Utara Kota sebagai juara dua, dan puskesmas bara permai juara ketiga.

Untuk Kategori fasilitas kesehatan tingkat lanjutan berkinerja baik tahun 2022 tingkat Palopo, Rumah Sakit Bintang Laut Palopo meraih penghargaan utama sebagai juara pertama, disusul RS Mujaisyah juara dua, dan RS Dokter Palammai Tandi juara ketiga. Termasuk tiga instansi juga meraih penghargaan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat kota palopo tahun 2022, masing-masing BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial.(adv/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *