Peringati Hardiknas 2023, SMPN 4 Palopo Upacara Pakai Baju Adat

TERASKATA.COM, Palopo – SMPN 4 Palopo memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dengan melakukan upacara pengibaran bendera di lingkungan sekolah, Selasa (2/5/2023).

Pada upacara tersebut, guru hingga siswa kompak memakai baju adat tradisional. Menurut Kepala SMPN 4 Palopo, Hj Sitti Hadijah SPd MPd, pemilihan baju adat pada upacara Hardiknas kali ini sudah menjadi arahan Pemerintah pusat.

“Pemilihan baju adat sebagai kostum untuk upacara Hardiknas ini sudah menjadi arahan Pemerintah pusat yang kemudian diteruskan oleh Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan,” ucap Hadijah.

Dia pun berharap dengan pemilihan baju adat pada upacara Hardiknas ini mampu membiasakan siswa dengan budaya dan adat yang ada di Indonesia. Hadijah menyebutkan, baju adat yang dipilih pun bukan hanya dari Sulawesi saja melainkan juga ada baju adat Bali hingga Betawi.

“Para siswa ini dibiasakan dengan adat yang begitu banyak di Indonesia dan bisa kita lihat bahwa adat di Indonesia itu banyak, namun tetap bisa menjaga persatuan antar budaya,” jelas Hadijah.

Adapun pada upacara Hardiknas tersebut, Hadijah selaku Pembina Upacara membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

“Kami berharap dalam pembinaan siswa ke depannya tenaga didik mampu menerapkan kurikulum merdeka belajar dengan fokus mendidik siswa menjadi unggul berkarakter, berprestasi, dan memiliki skill, serta mampu mengimplementasikannya ke depan,” pungkas Hadijah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *