Bappeda Palopo Fokus Tuntaskan Program Prioritas Wali Kota

TERASKATA.Com, Palopo – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran amat penting dalam pemerintahan daerah. Tak terkecuali di Kota Palopo.

Bappeda Kota Palopo merupakan pusat perencanaan pembangunan, mulai dari skala kecil hingga yang skala besar. Mulai dari yang bersifat infrastruktur maupun yang bersifat pemberdayaan dan pembangunan manusia.

Lewat OPD inilah program pemerintah Kota Palopo diramu. Mulai dari perencanaan, pembangunan hinga program tuntas dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Di Kota Palopo, Bappeda mencatat ada banyak program yang sudah dan akan dijalankan pemerintah Kota Palopo pada tahun 2023 ini.

Beberapa diantaranya adalah program prioritas. Seperti pembangunan sirkuit Ratona Motor Sport (RMS). Program pembangunan infrastruktur ini sudah selesai dikerjakan, bahkan sudah difungsikan beberapa waktu lalu.

Selain itu, lewat Bappeda juga pembangunan Mal of Palopo diramu. Infrastruktur yang satu ini dibangun dengan target dapat meningkatkan pertumbuhan dan peputaran ekonomi di Kota Palopo. Sekaligus menjadi wadah pengembangan perekonomian baru bagi masyarakat Kota Palopo. Pembangunan MOP pun sudah selesai dikerjakan. Dalam waktu dekat bangunan yang terletak di di kelurahan Batupasi ini segera difungsikan.

Selain itu, tahun 2023 ini Pemkot Palopo juga telah membangun Kantor DPRD baru di Kelurahan To Bulung. Proses pembangunan juga sudah selesai. Gedung baru ini sudah difungsikan oleh para wakil rakyat dan masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya.

Bukan hanya itu, dari data Bappeda, pembangunan infrastruktur lain yang sudah tuntas dikerjakan sejak pertengahan tahun 2023 adalah fasilitas pendidikan berupa bangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) dan gedung penunjang sekolah lainnya di kawasan islamic center palopo. Bangunan ini selanjutnya akan dikelola dan dimanfaatkan oleh Sekolah Internasional Al Azhar. Dalam waktu dekat bangunan ini pun difungsikan sebagai sekolah Al Azhar Kota Palopo.

Tak cukup sampai disitu, Pemkot Palopo melalui Bappeda juga telah merencanakan revitalisasi Stadion Lagaligo Kota Palopo. Proses pekerjaan proyek yang satu ini sudah mulai berlangsung. Leading sektor pekerjaan Proyek ini adalah dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palopo. Sarana olahraga ini ditarget rampung pada akhir tahun 2023 mendatang.

Kepala Bappeda Kota Palopo, Asmuradi Budi mengatakan, setiap perencanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah Kota Palopo melalui Bappeda, sesuai dengan ketentuan regulasi yang mengatur.

”Perencanaan yang dimaksud tersebut, terdapat perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Perencanaan jangka pendek itu kita berbicara di Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), kemudian jangka menengah lima tahun, itu kita bicara di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kemudian Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD),” kata Asmuradi Budi kepada Teraskata.com, Selasa (08/08/23).

Untuk itu, untuk melakukan penyusunan program jangka pendek, pihaknya wajib merujuk pada RPJMD yang berdasarkan visi dan misi Wali Kota Palopo yang sudah ada sejak Wali Kota dilantik. Program jangka pendek itu disusun dalam bentuk dokumen perencanaan lima tahunan, sesuai periodesasi masa jabatan kepala daerah.

”Visi misi dan RPJMD inilah yang kemudian kita break down ke tahunan dalam bentuk Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang didalamnya itu kita harus memastikan bahwa bagaimana kebijakan prioritas nasional, prioritas provinsi dan visi wisi Wali Kota akan dicapai selama lima tahun. Dan semua ini merupakan kegiatan yang ditangani oleh Bappeda dari sisi perencanaan,” terangnya.

Tugas-tugas dan program yang dijalankan Bappeda kata Asmuradi, tidak terlepas dari produk hukum yang mengatur tentang tugas dan fungsi OPD termasuk Bappeda. Dimana Bappeda memiliki tanggungjawan untuk mengawal perencanaan pembangunan di semua sektor.

”Kalau Bappeda itu tidak bisa kita keluar dari surat edaran, surat keputusan Walikota terkait dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. Dan secara umum Bappeda berada di posisi perencanaan pemerintah Kota Palopo. Serta secara umum juga kita mengawal perencanaan pembangunan Kota Palopo dari semua sektor,” ujarnya.

Untuk tahun 2023 ini, Asmuradi menjelaskan ada banyak program prioritas yang sedang berjalan saat ini. Semuanya ditarget selesai tepat waktu. Termasuk pembangunan infrastruktur dengan skema multi years atau pembiayaan tahun anggaran jamak selama tiga tahun.

”Kita upayakan tepat waktu, dimana hingga saat ini sudah ada yang selesai dan juga sudah berfungsi. Seperti contohnya pembangunan Arena Road Race yang merupakan prioritas Kota dan sudah kita fungsikan,” pungkasnya. (udi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *