Palopo Menuju Kota Sport Tourisme

TERASKATA.Com, Palopo – Sebagai Kota Jasa, Palopo terus berupaya menarik orang untuk berkunjung ke Kota Palopo. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Palopo dibawah nakhoda Judas Amir sebagai Wali Kota, adalah menghadirkan beragam sarana olahraga bertaraf nasional.

Beberapa diantaranya, yakni arena balap motor Sirkuit Ratona Motor Sport yang sudah mulai difungsikan. Selain itu, Pemkot juga merevitalisasi kolam renang swimbath yang terletak di Latuppa. Serta revitalisasi Stadion lagaligo, yang tidak hanya fokus pada pembenahan lapangan sepak bola saja, tetapi juga membenahi sarana olahraga lain seperrti Lapangan Volly, Sepak takraw, lintasan lari, Lapangan Basket, Volly pantai dan langan tembah serta area fitnes atau gym.

Keberadaan sarana olahraga yang berkualitas, selain untuk meningkatkan prestasi olahraga, meningkatkan bakat minat pemuda di bidang olahraga, juga bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan event olahraga skala besar di Kota Palopo. Pelaksanaan event olahraga berskala besar dapat mendatangkan orang banyak dari berbagai daerah ke Kota Palopo.

”Kenapa kita bangun sarana olahraga dengan kualitas yang baik, karena kita ingin setiap bulan ada event olahraga skala besar yang berlangsung di Kota Palopo. Ini tentu mendatangan banyak orang. Lagi-lagi tujuannya adalah agar perekonomian kita semakin tumbuh dan kuat. Salah satu contonya yang sudah kita rasakan bersama adalah pelaksanaan event balap motor di sirkuit ratona beberapa waktu lalu,” ungkap Wali Kota Palopo, Drs. HM Judas Amir, MH. kepada Teraskata.com, Rabu (09/08/230.

Untuk itu Wali Kota berharrap seluruh pihak untuk mensukseskan event olahraga yang berlangsung di Kota Palopo khususnya pada event berskala besar yang mendatangkan banyak orang ke Kota Palopo. Salah satunya, event balap motr Sulawesi Cup Race putaran empat yang akan berlangsung pada 26-27 Agustus mendatang di Sirkuit Ratona Motor Sport.

”Semua pihak punya peran yang sangat menentukan suksesnya event olahraga di Kota Palopo. Untuk balap motor, pemerintah punya peran menyiapkan fasilitasnya. Promotor event dan penyelenggara juga berperan memberikan pelayanan yang baik kepada pebalap dan penonton serta tekhnis kegiatan. Pihak kepolisian berperan menjaga keamanan, masyarakat palopo juga punya peran, minimal menjadi tuan rumah yang ramah dan baik kepada tamu kita dari berbagai daerah,” kata Judas Amir.

Wali Kota dua periode ini juga menambahkan, event olahraga berskala besar yang akan berlangsung di Kota Palopo bukan hanya balap motor saja. Kedepan setelah revitalisasi stadion lagaligo selesai dikerjakan, event olahraga sepak bola berskala besar juga diharapkan dapat terselenggaradi stadioan kebanggan tana luwu, stadion lagaligo.

”Stadion Lagaligo juga nantinya diharapkan bisa menjadi tempat berlangsungnya ebent olahraga berskala besar. Kita menargetkan, minimal ada juga pertandingan antar tim liga 1 BRI di Kota Palopo stadion lagaligo. Itulah alasan kenapa kita harus merevitalisasi stadion lagaligo,” ungkap Judas Amir.

Bahkan, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan Stadion Lagaligo bisa menjadi markas sementara PSM Makassar. Pasalnya kata Wali Kota, dalam waktu dekat juga pemkot Pare-pare akan merevitalisasi stadion Gelora BJ Habibie yang saat ini menjadi markas PSM Makassar.

”Kalau nanti stadion di parepare direvitalisasi, maka kita harus siap stadion lagaligo jadi markas sementara PSM. Bukan tidak mungkin itu terjadi. Apalagi saat ini kita dekat dengan bandara. Hanya 10 menit saja dari bandara ke stadion lagaligo. Itu lebih dekat dibandingkan dari Makassar ke pare-pare,” kata Wali Kota.

Ia menambahkan, dirinya selalu berfikir yang terbaik untuk kemajuan Kota Palopo. Bukan sekedar membangun, tetapi setiap program yang dijalankan bertujuan untuk kemajuan daerah dan seluruh masyarakatnya.

”Jadi cara berfikir kita adalah, bagaimana supaya setiap program yang kita jalankan itu akan berdampak besar bagi daerah dan masyarakat kita. Khususnya dars sisi perekomoian makro. Dan itu kita sudah buktikan,” tandasnya.

Sebelumnya, Wali Kota juga mengingatkan kepada semua pihak yang terkait dengan event balap motor SCR agar segera menemukan solusi terkairt parkiran bagi penonton. Selain itu ia juga mengingatkan kepada semua pihak untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu yang berkunjung ke Kota Palopo dengan memberikan pelayanan maksimal sehingga para tamu dapat membawa pulang kesan yang baik saat berada di Kota Palopo. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *