IMI Sulsel: Sirkuit RMS Terbaik di Indonesia

TERASKATA.Com, Palopo – Wali Kota Palopo Drs. HM Judas Amir, MH meresmikan Sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) yang terletak di Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sabtu, (29/07/23) malam.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota didampingi Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sulawesi Selatan, H. Rusdi Masse Mappasessu, Wakil Ketua DPRD Sulsel H. Syaharuddin Alrif, dan Forkopimda Kota Palopo.

Ketua IMI Sulsel H. Rusdi Masse mengaku sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Palopo atas pembangunan Sirkuit yang sangat megah. Menurut Wakil Ketua Komisi IV ini, Sirkuit Ratona bukan saja dilihat dari segi olahraga, tetapi juga sebagai wisata baru di Kota Palopo.

RMS menegaskan, sirkuit Ratona adalah sirkuit terbaik bukan hanya di Sulawesi Selatan tetapi juga di Indonesia. Pasalnya, kata Rusdi Masse hanya sirkuit Ratona saat ini yang dapat menyelenggarakan event balap motor pada malam hari. Soal panjang lintasan, Ratona adalah sirkuit terbaik ketiga di Indonesia, setelah Mandalika dan sentul.

”Saya tegaskan, Sirkuit ratona adalah sirkuit terbaik di Indonesia. Sekarang hanya sirkuit ratona yang dapat menyelenggarakan balap motor malam hari. Tidak ada ada yang lain,” kata Tokoh otomotif nasional ini.

Rusdi juga menegaskan pada bulan agustus mendatang IMI Sulsel sudah mendaftarkan Sirkuit Ratona sebagai tuan rumah event bergengsi Sulawesi Cup Race seri 4. Bahkan tidak menutup kemungkinan final Sulawesi Cup Race akan dilaksanakan di Kota Palopo pada Desember mendatang. Bukan hanya itu, Sirkuit ratina juga berpeluang menggelar event internasional one prix yang akan dihelat tahun ini.

”Masih ada tiga event bergengsi yang akan dilaksanakan di Sirkuit Ratona. Bahkan jika memungkinkan, pada malam tahun baru kita akan laksanakan event balap motor di sirkuit ratona,” kata RMS dihadapan puluhan ribu penonton yang menyaksikan peresmian sirkuit kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu.

Sementara itu, Walikota Palopo, Bapak Drs. H. M. Judas Amir, M.H dalam sambutannya mengatakan, bahwa masyarakat Kota Palopo sudah bisa menikmati apa yang sudah direncanakan dan dibangun oleh pemerintah bersama dengan DPRD Kota Palopo.

”Malam ini kita nikmati yang telah direncanakan bersama DPRD kota Palopo karena apapun yang akan dilaksanakan pemerintah daerah harus sejalan dengan persetujuan dengan DPRD,” kata Judas Amir.

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada IMI Sulsel yang setia mendampingi Pemkot Palopo mulai dari perencanaan hingga peresmian sirkuit Ratona. Judas Amir mengaku bangga atas apresiasi oleh IMI atas kualitas sirkuit yang dibangun oleh Pemkot Palopo.

”Yang mengakui kemegahan sirkuit ini adalah orang berkompeten sekelas pak Rusdi dari IMI Sulsel dan tokoh otomotif nasional. Untuk itu kami sangat berbangga, apa yang kita kerjakan tidak sia-sia dan bisa mendatangkan manfaat bagi orang banyak,” kata Judas Amir.

Kepala Dinas PUPR Kota Palopo Harianto, dalam laporannya mengatakan Sirkuit Ratona dibangun sejak tahun 2021 melalui dinas PUPR dengan panjang lintasan sekitar 1.700 meter atau 1,7 Kilometer.

”Dari segi lintasan kita terbaik ketiga. Ada da 10 tikungan pada lintasan. Juga dilengkapi dengan penerangan kurang lebih 171 titik tiang yang tersebar di semua lintasan. Juga ada dua tribun saat ini,” katanya.

Ditempat terpisah, tokoh senior otomotif, Chandra Samad mengungkapkan keberhasilan pemkot Palopo membangun Sirkuit Ratona tak terlepas dari niat baik dan tulus dari Wali Kota bersama FKJ sebagai inisiator.

”Saya thu persis bagaimana rencana awal pembangunan sirkuit ini. Kalau sekarang kita lihat sudah ada hasilnya, itu tidak terlepas dari niat tulus FKJ saat berencana membangun sirkuit ini. Niat tulus untuk kebaikan pasti melahirkan prestasi yang baik,” kata Chandra kepada Radar Luwu Raya, Minggu (30/07/23).

Pada event perdana bertajuk Palopo Night Race, tercatat ada 600an lebih starter yang mencoba peruntungan di sirkuit Ratona. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di Sulsel. Angka ini menurut Chandra berhasil memecahkan rekor yang lima tahun terakhir belum terpecahkan.

”Ini starter terbanyak. Dan Palopo berhasil memecahkan rekor yang selama lima tahun terakhir tidak terpecahkan oleh event apapun dan di sirkuit manapun di Indonesia,” ungkapnya.

Sirkuit Ratona kata dia sekaligus menjadi role model bagi kepala daerah lain yang ada di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan, agar juga dapat menghadirkan sirkuit bertaraf nasional bahkan internasional seperti sirkuit ratona.

”Ini harus jadi role model bagi daerah lain,” kata Chandra Samad. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *