Wali Kota Buka Seleksi JPT Pratama Pemkot Palopo

TERASKATA.Com, Palopo – 35 pejabat lingkup Pemerintah Kota Palopo mengikuti seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkot Palopo.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Puslatbang LAN Makassar 22-24 Juli 2023. Kegiatan penilaian dibuka oleh Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir MH di Aula LAN Makassar, Sabtu, (22/7/23).

Dalam sambutannya, Judas Amir mengatakan, seleksi ini merupakan momen penting untuk menentukan pejabat pimpinan tinggi pratama.

”Disini kita melihat para pejabat yang memegang jabatan tertentu yang sudah disiapkan betul-betul mengembangkan dirinya sehingga masyarakat dapat terlayani secara baik,” ujarnya.

Wali Kota tidak ingin ada jabatan yang kosong di lingkup Pemkot Palopo. ”Marilah kita ikuti ini secara baik dan duduk dengan baik berpikir apa yang ingin dicapai kedepan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puslatbang LAN yang diwakili oleh Kabag Umum Sudarmi Narwis mengatakan seleksi JPT merupakan salah satu step dari beberapa step yang sudah dilalui.

”Dimana awalnya step administrasi yang telah dilalui dan saat ini kita akan mengikuti step selanjutnya yaitu assesment center,” ujarnya.

Ia menyebut ada 9 indikator standar kompetensi yang menjadi penilaian. ”Seperti apa kemampuan untuk menjawab tantangan karena kita ingin mendorong Kota Palopo ini menjadi kota maju yang didukung Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama,” sebutnya.

Sekedar diketahui, seleksi terbuka ini akan mengisi sebanyak 16 jabatan kepala OPD di internal Pemkot Palopo yang saat ini lowong. Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sendiri merupakan ASN Eselon II B.

Kepala BKPSDM Kota Palopo Irfan Dahri, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat yang paling cocok dan berkualitas untuk peran atau posisi yang akan diisi.

“Beberapa tujuan utamanya adalah mengukur kemampuan dan keterampilan kandidat assesment center dirancang untuk menguji keterampilan kandidat yang relevan untuk posisi yang sedang dibutuhkan. Ini dapat meliputi pengukuran kemampuan berfikir logis, kemudian mengevaluasi potensi kandidat assesment center juga bertujuan menilai potensi dan talenta kandidat dalam mengembangkan diri,” katanya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *