2022, Balitbangda Palopo Realisasi 6 Program Sebagai Bahan Evaluasi Pembangunan

TERASKATA.COM, Palopo – Sebagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) mempunyai tugas dalam hal pengembangan daerah.

Sesuai tupoksinya, Balitbangda sebagai wadah perumusan kebijaksanaan teknis di bidang penelitian dan pengembangan daerah sesuai visi misi pemerintah daerah.

Kepala Balitbangda Palopo, Andi Enceng SE M Si mengatakan, untuk tahun 2022 ini Balitbangda telah merealisasikan beberapa program skala prioritas yang sangat urgent untuk dilakukan di Kota Palopo terhadap beberapa potensi pengembangan daerah agar ke depan menghasilkan output yang maksimal.

“Ada 6 program yang telah terealisasi pada tahun ini berdasarkan usulan dan masukan dari beberapa OPD terkait,” ungkap Andi Enceng.

Program Balitbangda tersebut antara lain Penelitian dan Pengembangan Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan, Penelitian dan Pengembangan Bidang Aspek-Aspek Sosial, Penelitian dan Pengembangan Perindustrian dan Perdagangan, Penelitian dan Pengembangan Penataan Ruang dan Pertanahan, Uji Coba dan Penerapan Rancang Bangun/Model Replikasi dan Invensi di Bidang Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi, serta Sosialisasi dan Diseminasi Hasil Kelitbangan.

Adapun untuk Tahun 2022, Balitbangda Kota Palopo melaksanakan beberapa penelitian diantaranya Naskah Akademik Ranperda P4GN, Kajian mengenai Efektifitas Bantuan Sarana Prasarana Pertanian, Survei Kebijakan Publik  Kota Palopo Tahun 2022, Kajian Subsektor Ekonomi Kreatif yang berpotensi dikembangkan di Kota Palopo, Kajian DAS Latuppa serta Fasilitasi Pengembangan Inovasi Daerah.

Untuk seluruh Perangkat Daerah lingkup Kota Palopo yang merencakan program/kegiatan diharapkan dapat mengusulkan kepada Balitbangda Kota Palopo agar dibuatkan kajian yang menghasilkan sebuah rekomendasi kebijakan  berbasis riset sehingga program/kegiatan yang dilaksanakan di Kota Palopo dapat efektif dan efisien.

“Alhamdulillah, selama program kemarin berjalan, kami di Balitbangda tidak ada kendala sama sekali karena dari program yang direncanakan hasilnya berjalan maksimal dan sesuai target yang diinginkan,” kata Andi Enceng.

Ia berharap, Balitbangda Palopo ke depannya terus memiliki riset-riset prioritas dan inovasi  yang mengarah kepada permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kota Palopo.

“Untuk kemajuan pembangunan pun perlu ada riset yang dilakukan untuk bahan evaluasi sekaligus perbaikan bagi pembangunan yang akan datang. Termasuk inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah daerah juga akan didorong agar didasari oleh hasil penelitian-penelitian dari Balitbangda Palopo,” kata Andi Enceng.

“Terpenting, proyek dan program-program yang kami usulkan bisa terealisasi. Sehingga bisa kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Prinsip saya dalam menjalankan tugas ya tertib administrasi, anggaran, aturan, dan pelaksanaannya,” tutupnya.(cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *