Buhargus: Jangan Diskriminatif Hanya Karena Perbedaan Sikap Politik

TERASKATA.Com, Palopo – Gagasan tak cukup bermanfaat di kalangan masyarakat, kita butuh tindakan dalam membantu kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di setiap kondisi, baik itu senang maupun duka.

Meskipun berbeda sikap politik kita tak boleh membeda-bedakan dalam membantu seseorang. Demikian diungkapkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Palopo, Buhargus Tanggulungan kepada Wartawan.

Buhargus adalah Bacaleg PDIP yang akan bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) I Palopo yang meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara. Menurut Ketua Ranting PDIP Kelurahan Pattene ini, inovasi tak cukup dengan pemikiran, butuh tindakan dengan cara kolaborasi dari berbagai kalangan masyarakat, khususnya pemuda yang masih produktif untuk berbuat baik di tengah-tengah masyarakat.

Hal itulah yang dilakukan Anggu’ sapaan Akrab Buhargus Tanggulungan melalui Forum Komunikasi Pemuda Rukun Sosial Pattene (FK-PRSR) Kota Palopo yang ia gagas sejak 2017 dan telah memiliki akta pendirian yang berbadan hukum. Melalui komunitas inilah, alumni SMAN 1 Palopo ini fokus meringankan beban masyarakat sekitar-nya dalam membantu masyarakat di setiap kegiatan dan juga upaya mewujudkan harmonisasi pemuda.

”Di forum ini, kami fokus membantu kegiatan sosial kemasyarakat, ketika ada syukuran dan kematian, Kami turut serta memfasilitasi papan dan mobil pickup dalam melakukan kerja-kerja sosial. Forum ini merupakan wadah pemuda Pattene yang berkumpul dari tiga kelurahan, Tomarundun, Salobulo dan Pattene wilayah ini dulunya satu kesatuan,” kata dia.

Eks ketua Pemuda Geraja Toraja (PGT) Palopo menjelaskan dunia politik merupakan langkah perdananya. Menurutnya sebelum masuk ke partai besutan Megawati Soekarno Putri ia ditawari berbagai partai untuk bergabung. Hanya saja, Buhargus memilih PDI Perjuangan sebagai kendaraan politik-nya karena dominan masyarakat Kelurahan Pattene merupakan simpatisan PDI-P.

”Saya perdana masuk politik, karena dorongan keluarga dan teman-teman di
FK-PRSR sehingga dengan niat yang tulus saya optimis atas dorongan itu,” jelasnya.

Ia pun menceritakan sejak beberapa bulan terakhir, atas dorongan masyarakat sekitar dan kerabatnya di komunitas pemuda Pattene, ia kemudian masif melakukan safari politik-nya demi memaksimalkan elektoral dirinya dan PDI-P, “Kami solid untuk meraih kemenangan di pemilu 2024,” tegas bapak Arel, panggilan akrab Buhargus.

Menurut dia, dorongan teman-teman yang berkumpul di komunitas ini, yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia di setiap kegiatannya selalu melakukan urungan dana dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan.

Ia menceritakan komunitas yang ia pimpin tersebar di Kota Makassar, Samarinda Pulau Kalimantan, Irian Jaya Papua, Jakarta, Toraja dan rencana-nya ingin buka cabang di morowali lagi.

”Jujur kamu pernah kumpul dana lebih 100 juta, untuk kegiatan natalan, bukan hanya natalan kami juga pernah adakan maulid upaya menjaga harmonisasi dan sikap tolerasi antar umat,” tandas ketua Pimpinan Majelis Gereja Maranata Pattene ini.

Bukan hanya momen politik kali ini pihaknya melakukan agenda sosial tetapi di setiap saat ia melakukan dalam meringankan beban antar sesama. ”Memang komunitas kami bergerak di bidang sosial, waktu bencana Palu dan Masamba kemarin juga kami ikut,” kunci pria Kelahiran Pattene, 17 Agustus 1972. (iw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *