DPPKB Apresiasi Kontribusi TPK Turunkan Prevalensi Stunting

TERASKATA.Com, Palopo – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Palopo, memberi apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya menurunkan prevalensi stunting.

Salah satunya adalah Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang jumlahnya sebanyak 429 orang yang tersebar di 9 Kecamatan dan 48 Kelurahan yang ada di Kota Palopo.

Apresiasi itu disampaikan Kepala DPPKB Kota Palopo, Samsil saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/09/23). ”Kami mengapresiasi Tim Pendamping Keluarga yang ada di Kota Palopo atas keberhasilan menurunkan prevalensi stunting. Kami juga mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat penurunan stunting secara gotong royong dan konvergensi,” kata Teguh.

Ia mengatakan, peran TPK sangat dibutuhkan untuk mencapai target prevalensi stunting tahun 2023 sebesar 16 persen secara nasional. ”Stunting merupakan hasil interaksi berbagai faktor, antara lain, kurangnya asupan gizi, rendahnya pengetahuan dan pengasuhan orang tua mengenai ASI Eksklusif dan MPASI,,” terangnya.

Untuk itu, TPK berperan penting dalam memberikan KIE/Penyuluhan, fasilitasi layanan rujukan kesehatan dan fasilitasi layanan bantuan sosial kepada sasaran keluarga mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu pascapersalinan dan anak usia 0-59 bulan.

”Saat ini kita memiliki Tim Pendamping Keluarga sebagai pasukan di lini lapangan yang berjumlah 429 orang,” ujar Samsil.

Kerjasama yang baik antara berbagai pihak, mulai dari Tim Pendamping Keluarga, Puskesmas, Rumah Sakit, hingga Tenaga Kesehatan, diperlukan untuk memastikan bahwa keluarga sasaran berisiko stunting mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat dan tepat waktu.

”Optimalisasi Gizi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) merupakan faktor penting dalam memastikan pemenuhan gizi bagi Catin, Ibu Hamil, Ibu Pascapersalinan dan Baduta/Balita dalam mencegah stunting,” tandasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *