Earth Hour Palopo Ajak Siswa SMPN 3 Peduli Kebersihan Lingkungan Sekitar

TERASKATA.COM, Palopo – Setelah beberapa tahun tidak terlaksana karena pandemi, kini di tahun 2022 pertama kali Earth Hour Palopo Goes To School berkunjung ke SMP Negeri 3 Palopo, Rabu (03/08/22).

Terpilihnya SMPN 3 Palopo sebagai tempat kunjungan Earth Hour Goes To School merupakan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup Palopo yang menyebut bahwa SMPN 3 Palopo adalah Sekolah Adiwiyata terbaik di Kota Palopo dan tingkat Nasional.

Kepala SMPN 3 Palopo, Drs H Basri M MPd mengucapkan, terima kasih kepada Komunitas Earth Hour Palopo yang telah menjadikan SMPN 3 sebagai objek Goes To School.

“Kami SMPN 3 Palopo sangat bangga dan sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan teman-teman dari komunitas Earth Our Palopo yang menjadikan SMPN 3 sebagai objek edukasi tentang lingkungan hidup,” ungkap Basri.

Sementara itu, Koordinator Kota Earth Hour Palopo, Andi Nurul Fajri mengatakan, Earth Hour Goes To School kali ini mengambil tema tentang sampah plastik.

Menurutnya, saat ini masih banyak anak-anak usia dini yang belum paham dan mengetahui tentang bagaimana cara pengelohan sampah yang baik.

“Pada Earth Hour Goes To School kali ini, kita mengangkat tema terkait sampah plastik. Pada kegiatan kali ini, kita akan coba arahkan adik-adik untuk peduli tentang lingkungan dan alamnya. misalnya, ayo buang sampah pada tempatnya dan bijaklah pada sampah,” ujar Nurul.

“Kami juga memberikan materi tentang pengurangan, jadi adik-adik bisa langsung terapkan dari hal-hal kecil, seperti mematikan lampu yang tidak terpakai, membawa tumblir sendiri, dan juga membawa tas belanja sendiri,” sambungnya.

Tujuannya, kata Nurul, agar peserta didik bisa memulai dari usia dini menyadari bahwa perubahan iklim itu sudah krisis.

“Dan kita menyampaikan materi ini supaya adik-adik bisa lebih paham akan bahaya sampah plastik dan juga dampaknya bagi lingkungan,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap, melalui Goes to School ini, para peserta didik mampu meningkatkan kesadarannya terhadap lingkungan hidup. Karena hanya kesadaran manusia yang dapat berperan aktif dalam merawat hal itu.

“Melalui agenda Earth Hour Goes to School kami berharap agar pesan perubahan iklim yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran adik-adik untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dan lebih menyadari perubahan iklim sekarang yang telah terjadi,” pungkasnya.(adv/cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *