Hindari Tagihan Air Membengkak, Ini 4 Tips Perumda TM Palopo Ketahui Kebocoran Instalasi Dalam Rumah

TERASKATA.COM, Palopo – Pengguna jasa PDAM mungkin pernah merasakan tagihan air naik secara tiba-tiba. Padahal, jika dihitung penggunaan air tak ada peningkatan atau dalam batas wajar penggunaan.

Apa penyebabnya? Apa yang harus dilakukan jika mengalami hal ini.

Melalui website perumdatmpalopo.co.id, Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Palopo menyebutkan, jika hal itu terjadi, kemungkinan besar ada kebocoran pada instalasi pipa air yang tidak terlihat.

Hal ini menyebabkan air tetap mengalir meskipun keran air sudah ditutup. Bagaimana cara mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak?

Berikut 4 Tips Sederhana Mengetahui Kebocoran Instalasi Dalam Rumah Anda, yang dibagikan oleh Perumda TM Palopo :

1. Buka kran sebelum meter air anda.

2. Tutup semua kran pada instalasi dalam rumah anda.

3. Periksa dan amati dengan seksama meter air anda, bila meter air anda tetap berputar, berarti telah terjadi kebocoran pada instalasi dalam rumah anda.

4. Segera telusuri dan periksa instalasi dalam rumah anda (pipa dan kran air) untuk mencari titik kebocoran dan segera tanggulangi dengan mengerjakannya sendiri jika mampu atau dengan tenaga jasa instalatur air.

Untuk diketahui, kebocoran instalasi pipa air sering terjadi karena pelampung di dalam tandon sudah rusak/tidak berfungsi sehingga pemakaian air menjadi tinggi.(adv/cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *