Roadshow Kesehatan, Pakar Stunting Palopo Kunjungi Puskesmas Sendana

TERASKATA.COM, Palopo – Roadshow Kesehatan Dokter Spesialis dengan tema ‘Pencegahan Stunting di Masa Kandungan dan Gizi Anak Untuk Mencegah Stunting’ kali ini mengunjungi Puskesmas Sendana yang merupakan rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-58, Senin (31/10/22).

Roadshow ini dipimpin Dokter Spesialis Obsteri dan Ginekologi sekaligus Pakar Stunting Palopo, dr Nasaruddin Nawir. Ia menjelaskan perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan secara dini dan teratur ke Puskesmas dan Posyandu agar dapat mencegah terjadinya stunting.

“Dan semua ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin guna mencegah ibu hamil yang anemia yang dapat berefek ke perkembangan bayi, pemeriksaan tripel eliminasi (HIV, Hepatitis, Syphilis) guna memutuskan rantai penularan ke bayi,” jelas dr Nasa.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemeriksaan telinga oleh dr Rismayanti Nawir Sp THT KL MKes serta pemberian asupan tambahan terhadap balita.

Dikatakan dr Nasa, sasaran pemberian asupan tambahan untuk balita terutama adalah balita yang menderita gizi kurang, walaupun untuk balita bukan gizi kurang juga dimungkinkan, pemberian makanan tambahan tersebut dimaksudkan sebagai upaya mencegah terjadinya balita stunting.

“Dengan melihat perkembangan balita selama beberapa bulan dengan mengamati perkembangan dan pertumbuhan,” ucap mantan Direktur RSUD Sawerigading Palopo ini.

“Program ini merupakan upaya dalam pencegahan penekanan angka stunting diwilayah Puskesmas Sendana, guna mewujudkan balita sehat menuju Indonesia sehat sejahtera,” lanjutnya.

Calon Wali Kota Palopo ini juga berharap, dengan adanya pemberian asupan tambahan ini dapat membantu memulihkan anak yang termasuk kategori stunting, kemudian kembali tumbuh sehat dalam masa pertumbuhannya. 

“Besar harapan kami agar seluruh balita memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dengan memperoleh asupan gizi yang cukup mulai dari dalam kandungan hingga balita,” harapnya.

Diakuinya, program tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Terlihat dari besarnya antusias masyarakat yang datang dan ingin dilakukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Spesialis.(adv/cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *