Sampah Berserakan Hingga ke Badan Jalan, DLH Palopo Akan Panggil Koordinator Petugas Kebersihan

TERASKATA.COM, Palopo – Tumpukan sampah berserakan di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di kawasan Malaja, Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur, dikeluhkan warga karena lambatnya pengangkutan.

Selain menggangu pengguna jalan dan mengeluarkan bau tak sedap, sampah yang berserakan tersebut juga berpotensi mencemari lingkungan sekitar.

“Lambat lah, harusnya tiap hari sampah langsung diangkut, tapi ini sudah hampir seminggu tidak diangkut,” ungkap warga setempat, Yusrin. Jumat (04/11/22).

Ia mengaku, lambatnya pengangkutan membuat tumpukan sampah tersebut menggunung akibatnya sampah berceceran hingga ke jalan.

“Kami tidak tahu apa penyebabnya petugas kebersihan selama seminggu kebelakang ini tidak mengangkut sampah yang ada di kawasan ini. Biasanya sampah selalu diangkut oleh petugas. Namun untuk kali ini tidak ada satu petugas pun yang datang untuk mengambil sampah,” ujarnya.

Dia menambahkan, sampah yang menggunung itu bukan berasal dari warga sekitar lokasi, tapi warga lain melintas di kawasan ini lalu membung sampah mereka ke sini.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Palopo, Andi Muh Asnawi Sari S Ip, menyampaikan, pihaknya akan memanggil para petugas kebersihan dan akan memberikan teguran keras kepada petugas yang bersangkutan, jika memang kejadian tersebut karena kelalaian petugas kebersihan DLH.

“Untuk memastikan adanya kejadian tersebut, saya akan memanggil langsung koordinator yang bertugas di wilayah yang sampahnya tidak dipungut petugas,” ujar Asnawi.

“Yang jelas saya akan memantau langsung kelapangan. Dan memastikan kejadian seperti yang dikeluhkan warga tersebut tidak terjadi lagi ke depannya. Saya juga minta maaf jika ada kelalaian dari petugas kami,” pungkasnya.(cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *