Tingkatkan Literasi Siswa, SMPN 3 Palopo Launching Perpustakaan Digital ‘Mutiara Ilmu’

TERASKATA.COM, Palopo – SMPN 3 Palopo terus berusaha meningkatkan minat baca dan literasi. Salah satunya dengan me-launching Perpustakaan Digital ‘Mutiara Ilmu’. Peluncuran Perpustakaan Digital ini diselenggarakan bekerja sama dengan Tim IT Penerbit Erlangga.

Kepala SMPN 3 Palopo, Drs H Basri M MPd mengatakan, perpustakaan digital telah menawarkan berbagai kemudahan bagi para pengguna, terkhusus peserta didik untuk mengakses sumber-sumber elektronik dengan Smartphone dimana saja dan kapan saja.

“Dengan me-Launching perpustakaan digital ‘Mutiara Ilmu’ ini, diharapkan bisa menjadi gudang referensi bagi siswa dan guru. Tentu dengan berbasis digital akan lebih mudah karena hanya lewat smartphone, pengguna dapat meminjam dan membaca buku kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu,” ungkap Basri.

“Terima kasih juga kepada Tim IT Penerbit Erlangga, yang telah membimbing kami para petugas perpustakaan, para guru, serta para siswa selama beberapa hari. Alhamdulillah launching hari ini berjalan lancar,” sambungnya.

Perpustakaan digital diresmikan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Asnita Darwis mengatakan, adanya perpustakaan digital untuk mendekatkan peserta didik kepada dunia literasi yang dapat dilakukan dimana saja.

“Ini adalah salah satu bentuk upaya meningkatkan minat baca anak-anak kita melalui literasi digital. Jadi dengan adanya perpustakaan digital ini, kita tidak lagi mengeluarkan budget besar untuk membeli buku dan tidak lagi secara manual pergi ke perpustakaan untuk membaca buku,” ungkap Asnita.

“Mudah-mudahan perpustakaan digital ini bisa meningkatkan literasi khususnya di SMPN 3 terkait dengan rapor pendidikan. Dan pesan untuk para guru, semoga kedepannya bisa memotivasi para siswa untuk menambah minat baca,” lanjutnya.

Dengan dibukanya perpustakaan digital SMPN 3 Palopo, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya. Sehingga budaya literasi di kalangan siswa semakin meningkat.

Salah seorang siswa, Aidan mengaku nyaman membaca secara digital. Karena aksesnya lebih cepat dan bisa dijangkau di mana saja.

“Kalau pakai buku harus ada tenaga ke perpus terus pinjam buku. Dengan digital tinggal klik-klik saja, semua beres,” ujarnya.(adv/cr1/lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *